Selasa, 12 Juni 2012

Dua Cara Ampuh Format Hp Nokia Anda


Dua Cara Ampuh Format Hp Nokia Anda
Di tengah bermunculannya gadget yang beraneka ragam mulai dari gadget buatan negeri tirai bambu China yang murah meriah untuk kalangan menengah ke bawah hingga munculnya gadget super canggih dan super pintar (smartphone) seperti Blackberry, iPhone, Android, Samsung, Sony Ericsson, dan perangkat mobile canggih lainnya, Nokia sebagai vendor kenamaan asal Finlandia dengan sistem operasi Symbian yang diusungnya masih tetap eksis dan menguasai sektor pasar berbagai kalangan.
Sebuah perangkat elektronik jika dilempar ke pasaran biasanya sudah di-seting untuk user setting bukan factory setting. Dengan demikian pengguna tidak disuguhkan dengan navigasi yang merepotkan pemakai gadget tersebut. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menembus setingan pabrik tersebut.
Ada dua alasan kenapa pabrik tidak mengatur perangkat dengan setingan pabrik, di antaranya:
  • Mudah digunakan, pada intinya orang membeli dan menggunakan handphone ingin semudah mengirim, menerima & membaca SMS, melakukan panggilan serta menggunakan aplikasi lainnya. Pengguna tidak harus repot-repot menggunakan kode-kode tertentu agar bisa menelpon, melihat gambar, atau melakukan SMS.
  • Tidak salah pakai. Karena susah menggunakannya kemudian salah menekan tombol-tombol terntentu akhirnya data-data penting hilang seketika atau bahkan gadget tersebut malah tidak bisa dipakai sama sekali. Ini sangat penting!
Bagaimana jika perangkat tersebut mengalami masalah?
Apakah Anda akan membuang handphone kesayangan yang Anda anggap rusak padahal masih bisa digunakan? Atau gadget Anda terasa lambati padahal hardware tidak ada masalah. Anda yang menggunakan perangkat merek Nokia tidak perlu repot, Anda bisa melakukan sedikit trik menuju setingan pabrik yang memang diijinkan oleh pabrikan Nokia.
Cara format hp Nokia ini bisa mengembalikan settingan pabrik yang mungkin diperlukan jika handphone Anda mengalami masalah. Jika sudah direset, otomatis semua setting akan di kembalikan ke asalnya.
Perlu Anda perhatikan juga bahwa sebaiknya file-file penting sudah diamankan terlebih dahulu. Dan inilah dua cara melakukan format hp Nokia pada sistem operasi Symbian.
Basic Reset/ Soft Reset
Cara mudah ini di tempuh hanya untuk memformat file yang ada di ROM. Tidak menghapus file yang lain seperti foto, video ataupun aplikasi yang lain. Jadi Anda masih bisa melihat dan mendengarkan koleksi foto dan musik kesayangan Anda.
Anda cukup menekan key Code *#7780#, kemudian tunggu hasilnya. Setelah proses soft reset ini Anda bisa bandingkan kinerja sebelum di-soft reset dan sesudahnya.
Total Reset /Hard Reset
Pilihan akhir ini ditempuh untuk memformat dan mengembalikan semua settingan ROM seperti awal keluar pabrik. Sistem kerjanya adalah memformat apa yang ada di partisi C: serta semua data yang ada di kartu memori eksternal. Hati-hati ketika melakukan proses hard reset, jika Anda salah melakukan bisa-bisa seluruh data yang tersimpan hilang semuanya tanpa bekas. Pastikan data telah ter-backup dengan baik.
Caranya lakukan langkah-langkah berikut ini, jika tidak Paseban tidak bertanggung jawab atas hilangnya data Anda.
Cara Pertama
  • Matikan handphone Anda.
  • Lepas SIM card dan RS-MMC atau microSD card Anda.
  • Tekan dan tahan tombol (hijau dial), tombol (*), (tombol 3).
  • Setelah menekan tombol di atas secara bersamaan, kemudian nyalakan handphone Anda.
Cara Kedua
  • Keluarkan kartu memori RS-MMC Anda, restart.
  • Tekan key code *#7370#.
  • Setelah muncul pertanyaan, tekan “Yes”.
  • Kemudian akan diminta kode password, masukkan password standar 12345.
  • Selesai, dan restart lah maka memori handphone Anda akan kembali ke awal.
PENTING
  • Ketika melakukan format, keluarkan data-data penting dari ponsel seperti kontak telepon, image, video, dan data lainnya.
  • Key code *#7370# untuk hard reset, menghapus semua file yang ada di C: dan kartu memori dengan password 12345.
  • Code *#7780# untuk reset software saja, tidak menghapus file yang ada di partis C: dan memori.
  • Baterai dalam kondisi full.
  • Lakukan backup sebelum meformat karena Paseban tidak bertanggung jawab atas kehilangan data Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar