Jumat, 08 Juni 2012

TIP HP RUSAK


2.Menghidupkan ponsel tanpa MMC
Cobalah menghidupkan ponsel tanpa MMC. Terkadang gangguan "Application closed" juga disebabkan karena aplikasi yang terdapat pada MMC tidak bekerja sempurna, atau bahkan MMC rusak.


3.Menghapus dan memperbaiki bootdata
Caranya :Instal dan jalankan aplikasi file manager seperti FExplorer atau SeleQ.
Buka file dengan nama firsboot.dat di folder C:\system\bootdata\.
Hapus file tersebut dengan memilih 'option' >'file '>'delete'.
Selanjutnya matikan ponsel anda dan cabut MMC-nya
Nyalakan ponsel tanpa MMC (jika langkah ini berhasil, Anda akan diminta memasukkan data tanggal dan waktu).
Matikan kembali ponsel.
Masukkan kembali MMC ke dalam ponsel.
Nyalakan kembali ponsel dengan MMC di dalamnya.
Jika pesan "Application closed" tidak muncul, berarti cara ini berhasil mengatasi gangguan tersebut.
Keuntungan dari cara ini, Anda tidak perlu memformat ponsel sehingga data ponsel tidak hilang. Meski bisa menyelesaikan masalah, tips ini juga memiliki 'efek samping' yaitu akan merubah susunan menu utama sehingga Anda mungkin tidak akan menemuka ikon aplikasi-aplikasi yang biasa terdapat didalamnya.
Untuk mengatasinya, sebelum melakukan langkah diatas, ada baiknya Anda melakukan backup aplikasi. Data tentang aplikasi terekam di dalam file "application.dat". Untuk membackupnya Anda perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
Jalankan program file manager semacam FExlporer atau SeleQ.
Masuk ke C:\system\data dan temukan file "application.dat"
Pilih Option > Edit > Copy.
Simpan hasil salinan (copy) ke tempat yang aman, misalnya di MMC
Selanjutnya Anda bisa mulai menjalankan langkah-langkah untuk memperbaiki boot data di atas.
Setelah selesai, maukkan kembali file " application.dat " ke dalam folder C:\system\data. Gantikan file "application.dat" yang ada di folder tersebut dengan file backup tadi.

4.Memformat ulang ponsel
Cara ini merupakan langkah terakhir jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan kasus "application closed". Jika Anda memutuskan untuk menggunakan langkah ini, resikonya semua data yang ada di ponsel akan hilang (kecuali data pada MMC). Kontak phonebook, SMS, hingga foto-foto di galeri akan hilang karena ponsel akan di format ulang.
Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut.
Matikan ponsel.
Tekan tombol call (dengan symbol gagang telepon berwarna hijau), tanda * (bintang), dan tombol "3'' secara bersamaan.
Masih menekan ketiga tombol tersebut, nyalakan ponsel Anda.
Selanjutnya ponsel akan melakukan proses format.
Hati-hati!!!!! Semua data akan hilang dan menu-menu yang ada di ponsel akan kembali layaknya ponsel baru(kecuali aplikasi yang terdapat di MMC masih bisa dijalankan).
PONSEL HANG DAN TIDAK BISA MENAMPILKAN MENU START UP
Jika hal ini terjadi, Anda bisa memilih beberapa cara berikut.
1.Nyalakan ponsel tanpa MMC. Jika berhasil, berarti masalahnya ada di MMC. Lakukan proses format MMC untuk memperbaikinya.
2.Matikan ponsel, nyalakan kembali dengan menekan tombol "on" dan tombol "edit" (bersimbol pensil) secara bersamaan. Terkadang cara ini berhasil membawa Anda menuju menu utama. Teknik ini disebut "safe mode" atau "mode darurat"

3.Memformat ulang ponsel.
Caranya sama seperti langkah memformat ponsel pada gangguan "application closed". Untuk melakukannya tekan tombol call (warna hijau), tanda * (bintang), dan tombol "3'' secara bersamaan saat menghidupkan ponsel.
Jika langkah 2 saja Anda sudah dapat masuk ke mode darurat, Anda bisa melakukan format ponsel dengan memasukkan kode ( *# 7370 # ) dari kondisi stanby.

Dan jika ketiga langkah diatas tidak menyelesaikan masalah, satu-satunya cara memperbaikinya adalah dengan melakukan flashing atau mengisi kembali sisetem operasi ponsel. Mintalah bantuan kepada layanan servis dan teknisi kepercayaan Anda untuk melakukannya.
Demikian yang dapat saya jabarkan tentang penyakit-penyakit symbian yang sering terjadi. Silahkan para pembaca dapat mempraktekannya sendiri. Dengan ini semua saya harapkan para pembaca tidak usah lagi takut dan tak usah lagi keluarkan banyak duit untuk membawa hape-hape kesayangan pembaca ke counter dengan modal yang tentunya tidak sedikit. Sekarang para pembaca bisa mempraktekannya sendiri kan????? Dari pada di bawa ke counter yang memakan duit banyak....Selamat mencoba ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar