Jumat, 08 Juni 2012

7 Tips Membuat PC Hemat Energi



1. Matikan PC kalau sedang tak digunakan. Mudah, kan?

2. Gunakan fitur yang mengistirahatkan harddisk ketika harddisk tak diakses. Paling tidak ada dua keuntungan. Harddisk lebih awet dan PC lebih hemat daya listrik.


3. Copot semua perangkat yang tercolok ke PC tapi sudah tak digunakan. Maklum, beberapa perangkat jinjing, seperti pemutar MP3, menyedot daya untuk mengisi daya baterai. Kalau baterainya telah penuh, cabut!

4. Coba jelajah pengaturan berbagai perangkat. Siapa tahu ada pengaturan untuk menghemat daya. Biasanya, perangkat modern sudah memiliki pengaturan semacam ini.

5. Periksalah program-program yang berjalan secara otomatis ketika PC dinyalakan. Buang program yang tak perlu. Misalnya, apa bluetooth harus selalu dinyalakan? Apa adapter jaringan nirkabel harus selalu stand-by walaupun PC berada di luar jaringan nirkabel?

6. Matikan semua periferal yang tak dibutuhkan. Kalau printer, scanner, speaker, atau periferal lainnya sedang tak digunakan, matikan saja.

7. Pada PC desktop, monitorlah yang memakan daya listrik paling banyak. Triknya, atur tingkat brightness sedikit lebih gelap.
Kedengaran seperti “enggak ngaruh” ya? Berapa daya sih yang dapat dihemat kalau 7 tips diikuti? Buat 1 PC, mungkin tak banyak. Tapi kalau ribuan PC yang melakukannya? Berapa daya yang dapat dihemat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar